05 Desember 2016

3 Cara Mengembalikan File atau Folder Yang Terhapus di Flashdisk [Hidden Virus]

Setelah kemarin posting artikel cara merakit komputer gaming, kali ini saya akan kembali sharing artikel tentang tips komputer yang membahas tentang cara mudah mengembalikan file ataupun fole yang hilang atau hidden di flashdisk. Sobat yang membaca ini, saya yakin pernah mengalami masalah ketika colokkan flashdisk ke komputer, laptop atau notebook tapi tidak melihat file atau data didalamnya. File atau folder di flashdisk sebenarnya tidak hilang atau terhapus namun terkena hidden dari virus sehingga se-akan-akan terhapus.

Jika sobat menjumpai hal serupa yang saya sebutkan diatas, tidak perlu panik dan menyangka data terhapus di flashdisk. Ini dikarenakan adanya virus yang menginfeksi flashdisk yang digunakan. Flashdisk atau media penyimpanan lainnya seperti hardisk eksternal yang seringkali dicolokkan pada beberapa komputer, laptop atau notebook adalah salah satu penyebab utama flashdisk terserang virus komputer. Selain karena virus, faktor lain yang menyebabkan data berupa file atau folder terhapus di flashdisk karena lupa eject dari komputer.

Keberadaan virus di flashdisk atau komputer dapat dideteksi dengan melihat "tingkah-lakunya", biasanya folder atau file akan digandakan dengan ekstensi file .exe, jadi penyebab komputer jadi lambat karena menyerang direktori atau partisi C (sistem).

3 Cara Mengembalikan File atau Folder Yang Terhapus di Flashdisk [Hidden Virus]

Untuk itu, ada bagusnya kita menghindari terjadinya hal diatas, tapi bagi sobat yang mengalami masalah diatas dan ingin mengambilan data yang hilang di flash disk, lakukan langkah-langkah dibawah ini:

Ada 3 (tiga) cara untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang di flashdisk maupun media penyimpanan lain yaitu dengan menggunakan software anti virus, command prompt (cmd) dan fitur show hidden file windows explorer. Simak selengkapnya tutorial berikut:

Tips Mengembalikan Data Yang Hilang Di Flashdisk


Anti Virus


Salah satu software anti virus yang sangat membantu untuk membersihkan dan mengembalikan file yang di-hidden oleh virus komputer adalah Smadav. Aplikasi anti virus gratis ini dibuat oleh anak negeri, terbukti sangat ampuh untuk mengatasi masalah yang sobat hadapi dan juga mampu proteksi flashdisk.

1. Colokkan flashdisk pada port USB komputer, laptop atau notebook kemudian jalankan Smadav

2. Sebelum melakukan proses scan virus, pilih terlebih dahulu partisi flashdisk yang terdeteksi pada komputer lalu tekan tombol Scananda pada komputer atau laptop

3. Tunggu sampai proses selesai.

Tanpa Aplikasi

1. Colokkan flashdisk ke komputer, laptop atau notebook lalu buka windows explorer

2. Pilih Tools - Folder options... - tab Views kemudian beri tanda centang pada bagian Show hidden files, folders, and drives - OK


3. Sekarang, buka partisi flashdisk dan perhatikan apakah file yang tersembunyi sudah muncul.

Command Prompt (CMD)

1. Sama seperti diatas, colokkan flashdisk ke port USB komputer

2. Jalankan aplikasi Command Prompt dengan cara pilih Start - Run atau tekan kombinasi tombol keyboard Windows + R secara bersamaan lalu ketikkan "cmd" (tanpa tanda petik)

3. Tunggu hingga jendela hitam muncul. Sobat terlebih dahulu harus mengetahui posisi drive flashdisk, apakah D, E, F atau G. Sebagai contoh, flashdisk terdeteksi sebagai drive F, maka perintahnya seperti dibawah:

attrib -s -h F:\*.* /s /d


4. Tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah CMD diatas kemudian tunggu sampai proses selesai dengan melihat apakah data yang hilang sudah muncul kembali atau tidak.

Jika ternyata file/folder tetap tidak muncul, lakukan cara yang lain dari ketiga tips yang ada diatas.

Smadav Rev. 11.0.4

Demikian tutorial ini. Terima kasih.

0 Comment to "3 Cara Mengembalikan File atau Folder Yang Terhapus di Flashdisk [Hidden Virus]"

Poskan Komentar